5 Contoh Pelanggaran Hukum Adat Yang Terjadi Di Masyarakat

Norma menjadi gambaran hidup bagi masyarakat dalam lingkungan. dapat dikatakan, tatanan hidup masyarakat, baik perbuatan dan perilaku, keduanya diatur berdasarkan norma. Pelanggaran terhadap norma pun pada umumnya akan dikenakan sanksi, baik berupa ejekan, denda dan kurungan penjara.

Seiring berjalannya waktu, norma yang ada di dalam masyarakat sudah mulai hilang. Banyak pula tindakan yang menyeleweng dari aturan-aturan yang ada. beberapa wujud pelanggaran norma yang terjadi di Indonesia, yakni:

1. Norma Agama
Merupakan norma yang berisi tentang konektivitas makhluk hidup dan Sang Pencipta. Orang yang menyeleweng norma agama biasanya akan berurusan dengan Tuhan di Saat ia meninggalkan bumi.

macam penyelewengan norma ini, yaitu perjudian, membantah orang tua, tindak pencurian, berzinah, menghina agama lain, merendahkan martabat manusia, pesta seks, juga mabuk-mabukan.

2. Norma Kesopanan
Norma kesopanan merupakan norma yang bersumber dari tatanan hidup warga negara. hal yang paling utama dari norma ini ialah untuk terciptanya hubungan antara sesama manusia. norma kesopanan lebih ke arah tindakan atau etikat baik kita di dalam masyarakat.

Hakikat yang ingin disampaikan norma kesopanan adalah kecocokan atau kepatuhan. Norma kesopanan tidak berlaku di kancah internsional. Karena masing-masing negara mempunyai susunan bertutur kata yang lain daripada yang lain.

jenis penyelewengan norma ini, adalah membantah orang tua, berkata kasar, meludah di sembarang tempat, menyebut nama orang yang lebih tua tanpa imbuhan (mas dan mbak), berbicara ketika makan, berkunjung ke tempat orang lain sesuka hati, mengantukkan mangkok dengan sendok, dan meminta sesuatu menggunakan tangan kiri.

3. Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan termasuk norma bersumber dari hati sanubari manusia. Pelanggaran pada norma kesusilaan pada umumnya akan mengakibatkan penyesalan yang cukup dalam bagi pelakunya.

norma ini diperuntukkan secara global. dengan kata lain diperuntukkan di seluruh negara di dunia. tetapi, wujud hukumannya dari norma ini sedikit berbeda kalau dibandingkan Indonesia.

Contoh penyelewengan norma ini, antara lain membunuh, berdusta, memperkosa, bersikap tidak adil, atau memfitnah.

4. Norma Kebiasaan
norma ini merupakan norma yang aturannya wajib, tetapi tidak dibuat oleh pejabat negara. Norma ini sifatnya diturunkan juga bersumber pada kebiasaan.

bentuk penyelewengan norma ini, berupa memakai pakaian setengah bahan, makan bersuara, dan BAB sembarangan.

5. Norma Hukum
norma ini ialah norma yang dibuat dari pemerintah negara. Sanksi akibat pelanggaran norma hukum cukup tegas karena sudah diatur dalam ayat-ayat UU. Jenis hukuman dari norma ini sifatnya paksaan. dengan kata lain setiap orang yang melanggar hukumnorma hukum} akan menerima sanksi yang setimpal tanpa pandang bulu.

Contoh pelanggaran norma hukum, yakni tidak mematuhi rambu lalu lintas, kasus korupsi, merampok, mencuri, membuat rusuh, gambling, penjualan narkoba, juga kasus suap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *