6 Jenis-jenis Pelanggaran Hukum Sosial Yang Terjadi Di Dalam Masyarakat

Norma ialah aturan hidup bagi warga negara dalam lingkungan. dapat dikatakan, sistem hidup masyarakat, baik berupa perbuatan atau perilaku, keduanya diatur berdasarkan norma. Pelanggaran terhadap norma juga biasanya akan terkena sanksi, baik berupa cemooh, denda dan hukuman penjara.

Seiring berjalannya waktu, norma yang ada di dalam masyarakat mulai menghilang. ada banyak sekali tindakan yang menyimpang dari norma-norma. Adapun wujud nyata penyelewengan pada norma yang terjadi di Indonesia, yaitu:

1. Norma Agama
adalah norma yang membahas tentang hubungan makhluk hidup dengan Tuhan. setiap orang yang melanggar norma ini pada umumnya pasti berhadapan dengan sang pencipta di dunia akhirat nanti.

Contoh pelanggaran norma agama, yaitu berjudi, membantah orang tua, mencuri barang, kasus asusila, menghina agama lain, merendahkan martabat manusia, seks bebas, dan minum-minuman keras.

2. Norma Kesopanan
norma ini merupakan norma yang bersumber dari tatanan kehidupan masyarakat. yang dibahas dari norma ini ialah supaya mengatur koneksi diantara satu orang dengan orang lain. Norma ini lebih ke arah tindakan dan sopan santun manusia di dalam kehidupan bermasyarakat.

inti dari norma kesopanan adalah kecocokan dan ketaatan. norma ini tidak dipakai di kancah internsional. Karena masing-masing negara memiliki susunan bertutur kata yang lain daripada yang lain.

bentuk pelanggaran norma ini, adalah membantah orang tua, bersikap tidak sopan, membuang ludah sembarangan, memanggil kakak atau abang tanpa imbuhan (mas dan mbak), berbicara ketika makan, masuk ke tempat orang lain tanpa salam, memukul mangkok dengan sendok, dan meminta suatu barang menggunakan tangan kiri.

3. Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan ialah norma yang berasal dari dalam hati manusia. Pelanggaran pada norma ini akan menyebabkan adanya rasa sesal yang cukup mendalam bagi pelakunya.

Norma kesusilaan berlaku secara global. dengan kata lain diperuntukkan di seluruh umat yang tinggal di bumi. namun, wujud hukuman dari norma ini sedikit tidak sama dengan hukuman di Indonesia.

Contoh penyelewengan norma ini, berupa pembackan, berdusta, memperkosa, bersikap curang, atau fitnah.

4. Norma Kebiasaan
norma ini merupakan norma yang aturannya mengikat, hanya saja tidak dibuat oleh presiden. norma kesopanan sifatnya diturunkan juga bersumber pada kebiasaan.

Contoh penyelewengan norma kebiasaan, yaitu mengenakan pakaian seksi, makan sambil berbicara, juga kecing tanpa lihat tempat.

5. Norma Hukum
norma ini menjadi norma yang bersumber dari para penguasa negara. hukuman dari norma ini sangatlah keras dikarenakan telah diatur dalam pasal UU. jenis sanksi dari norma ini sifatnya tegas. dengan kata lain siapapun yang menyeleweng dari aturan hukumnorma hukum} akan mendapat sanksi yang sama tanpa pandang bulu.

macam penyelewengan norma hukum, yaitu pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, kasus korupsi, merampok, mencuri, mengganggu ketenangan di masyarakat, tawuran, penjualan narkoba, juga sogok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *