6 Fungsi Khusus Dan Umum Penegakkan Hukum Acara Perdata Dalam Teori

Berbicara mengenai tujuan hukum acara perdata tidak lepas dari tujuan berhukum itu sendiri. Hukum, sebagaimana kita tahu adalah sekumpulan peraturan yang mengatur hidup manusia dengan disertai sanksi yang jelas. Jadi ciri dasar yang membedakan hukum dengan norma adalah keberadaan sanksi itu sendiri.

curtain-1702273_960_720

Dengan begiru mengenai tujuan hukum acara perdata dapatlah disimpulkan menjadi dua garis besar. yaitu tujuan hukum acara perdata secara umum dan secara khusus. Secara umum, tidaklah lepas dari tujuan hukum itu sendiri dan secara khusus adalah yang berkaitan dengan hukum acara perdata.

Tujuan Hukum Acara Perdata Secara Umum

Sama seperti tujuan hukum, baik hukum pidana maupun hukum yang lain. tujuan hukum acara perdata secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua:

1. Menciptakan ketertiban
Sama seperti tujuan hukum yang lain. Pada dasarnya tujuan penciptaan hukum adalah untuk menjaga ketertiban masyarakat. Jadi tujuan utama dan secara umum hukum acara perdata adalah untuk menciptakan ketertiban di masyarakat.

2. Mencapai tujuan bermasyarakat: kesejahteraan
Setelah mencapai ketertiban, harapan dari diciptakanya hukum adalah untuk menggapai kesejahteraan. Maka tujuan hukum acara perdata pun demikian, yakni untuk menciptakanya kesejahteraan bagi masyarakat.

Tujuan Hukum Acara Perdata Secara Khusus

Tujuan secara khusus adalah tujuan yang melekan hanya pada hukum acara perdata. Jika tujuan secara umum tercantum sebagaimana di atas, maka tujuan diadakanya hukum acara perdata secara khusus adalah untuk:

1. Menegakkan hukum perdata materiil
Hukum acara perdata adalah pasangan dari hukum perdata. Ia berisi cara dan aturan bagaimana hukum perdata itu di tegakkan.

Jadi secara khusus hukum acara perdata memiliki tujuan untuk menegakkan hukum perdata. Tanpa hukum acara perdata, hukum perdata tidak akan bisa ditegakkan.

2. Melindungi hak

Hukum acara perdata berisi serangkaian tata cara bagaimana menegakkan hukum perdata. Hukum perdata berisi mengenai ketentuan hal-hal yang berkaitan dengan hak privat seseorang.

Jadi dengan ditegakkanya hukum acara perdata berarti menegakkan hak seseorang. Secara otomatis pula melindungi hak seseorang.

3. Memberikan kepastian hukum.
Salah satu tujuan dan manfaat di adakanya hukum adalah untuk menjamin kepastian. Selain juga untuk menegakkan keadilan dan kemanfaatan.

Maka tujuan di adakanya hukum acara perdata juga demikian, ia berisi serangkaian peraturan yang menjamin secara pasti bagaimana dan apa tindakan yang musti di ambil jika hak seseorang di langgar.

Termasuk juga ketentuan bagaimana proses persidangan di jalankan. Mana alat bukti yang di akui, dan bagaimana peradilan bisa di katakan sah. Maka hukum acara perdata memberi jaminan kepastian hukum.

4. Menghindari tindakan main hakim sendiri
Agar seseorang tak main hakim sendiri, maka perlu disusun bagaimana cara menegakkan hak bagi seseorang yang hak nya dilanggar. Itulah mangapa hukum acara perdata ada. Ia akan menghindari seseorang untuk main hakim sendiri. Sebab sudah punya forumnya.