Definisi Hukum Acara Perdata Menurut Para Ahli

Berbicara mengenai pengertian hukum acara perdata tak bisa dilepaskan dari konteks kata yang menyusunya. Yakni terdiri dari kata hukum, acara dan perdata. Hukum adalah serangkaian peraturan yang berisi ketentuan-ketentuan yang boleh dilakukan dan tidak.

Ia di susun oleh lembaga yang berwenang dengan di lengkapi sanksi. Sementara acara bisa di artikan sebagai tindakan, dan perdata adalah segala hal yang berkaitan dengan lingkungan privat.

Jadi dapatlah di simpulkan bahwa hukum acara perdata adalah hukum yang mengatur bagaimana cara menegakkan segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan privat. Ia bertujuan untuk menegakkan hukum perdata. Mulai dari bagaimana menuntut hak yang dilanggar, bagaimana hakim memeriksa dan memutus serta bagimana menjalankan putusan.

Hukum Acara Perdata Menurut Para Ahli

Untuk memahami lebih lanjut mengenai hukum acara perdata, ada baiknya kita mengetahui pula bagaimana para ahli mendefinisikan hukum acara perdata tersebut:

blue-light-1675686_960_720

  1. Soepomo

Ia mendefinisikan hukum acara perdata sebagai serangkaian hukum yang berisi bagaimana cara mempertahankan tata hokum, menetapkan apa yang telah selama ini ditentukan oleh hukum kita dalam suatu perkara. Jadi R Soepomo lebih menitik beratkan pada tugas hakim.

  1. Wirjono Projodikuro

Sementara Wirjono Projodikuro mendefinisikan hukum acara perdata sebagai rangkaian peraturan-peraturan yang berisi bagaimana cara orang bertindak di muka pengadilan , juga bagaimana cara pengadilan harus bertindak untuk memastikan berjalannya suatu peraturan-peraturan hokum dilingkungan perdata.

  1. Subekti

Salah seorang yang terkenal dalam lingkungan perdata, prof subekti mendefinisikan hukum acara perdata sebagai Rangkaian peraturan hukum mengenai bagaimana caranya menjamin ditaatinya ketentuan hukum perdata materiil dengan perantaraan seorang hakim.

  1. Sudikno Mertokusumo

Berbeda dengan sudikno mertukusumo yang mendefinisikan hukum jauh lebih konkret. Beliau mendefinisikan hukum acara perdata sebagai Peraturan hukum yang mengatur mengenai bagaimana cara sesuatu menjamin ditaatinya lingkungan hukum perdata materiil dengan perantaraan seorang hakim. Dalam hal ini termasuk pula, bagaimana cara mengajukan tuntutan hak, bagimana seorang hakim memeriksa serta memutusnya serta bagaimana pula pelaksanaan daripada putusannya.

  1. Kansil

Cst Kansil mendefinisikan hukum acara perdata sebagai segala peratura hukum yang mengatur cara memelihara dan mempertahan kan hukum perdata termasuk pula bagaimana cara mengajukan suatu perkara ke lingkungan pengadilan hukum perdata dan bagaimana seorang hakim akan memeriksa serta memutus.

  1. Retnowulan Sutantio

Hukum acara perdata adalah nama lain dari hukum perdata formil. Ia merupakan semua kaidah yang menentukan dan berisi aturan untuk menjalankan dan mempertahankan segala sesuatu yang di atur dalam hukum perdata materiil.

Itulah beberapa pengertian hukum acara perdata. Pada intinya, hukum acara perdata adalah hukum yang berisi bagaimana hukum perdata materiil di jalankan. Ia memberi jaminan hukum perdata materiil di tegakkan.